Sekilas Istana Ular

Sambil menunggu legenda istana ular, baiknya baca dulu sekilas tentang Istana Ular..

  • Istana ular memberikan kesempatan unik untuk melihat populasi besar ular besar dan kelelawar di habitat alami mereka. Karena lokasinya, perjalanan ini hanya dianjurkan untuk pengunjung cukup sehat dan mempunyai jiwa petualang. Cukup menantang, istana ular menawarkan penjelajahan yang baik di daerah terpencil dan jarang dikunjungi di  Weto, Kec.Welak, Manggarai Barat, NTT.
  • Terletak sekitar 70 km sebelah Timur dari Labuan Bajo, 40 menit terakhir yang harus ditempuh dengan berjalan kaki untuk menuju gua meliputi geografi menantang. Lokasi istana ular sekitar 6 km dari dari Gereja Paroki Orong, di kecamatan pemekaran Lembor, Kec. Welak
  • Panjang gua istana ular ada yang memperkirakan belasan kilo hingga membelah bukit.
  • Hubungan antara ular dengan penduduk lokal terselubung dalam fakta sejarah bercampur dengan cerita-cerita mitos
  • Kunjungan ini tidak dapat dilakukan dalam periode hujan lebat karena menyeberangi sungai akan mustahil / terlalu berbahaya.
  • Menurut warga setempat, istana ular adalah rumah bagi banyak Piton dengan berbagai ukuran. Bahkan menurut warga setempat ada ular yang sangat besar dan tebal berwarna putih di ujung gua. Penduduk desa juga menceritakan bagaimana, selama musim hujan, ular-ular tersebut keluar dari gua dan setelah itu banyak anjing dan ayam dari desa menghilang.
  • Karena tempatnya yang terkenal mistis, untuk memasuki gua tersebut harus meminta ijin “orang pintar” yang mengetahui seluk beluk gua tarsebut. Tanpa seijin orang tersebut, pasti akan mengalami musibah.
  • Untuk masuk ke lokasi gua ular ini, pengunjung sangat di anjurkan untuk menggunakan jasa pawang dari desa setempat, sekaligus melakukan ritual kecil sesuai dengan tradisi warga setempat. Biasanya, satu ekor ayam kecil di jadikan kurban untuk acara ritual adat.

Anda penasaran? Datang dan kunjungi Istana Ular…


3 Tanggapan to “Sekilas Istana Ular”

  1. luar biasa istana ular.

  2. mungkin bisa cerita sedikit dengan sejarah zaman dulu dan apa hubungannya dgn istana ular tersebut………………………..?

    • Salam..
      Mudah-mudahan suatu saat akan terjawab. Saat ini kami kusulitan mendapatkan kisah lokasi itu, karena sedang berada di Jawa. Berharap orang di Manggarai khususnya dari Kec welak, akan bersedia untuk menggali lebih lauh tentang istana ular.. Thanks!

Tinggalkan komentar