HIDDEN POTENTIAL PARIWISATA MABAR

Masih Banyak Wisata Alam yang Belum Terjamah

Lab. Bajo – Pembangunan sektor pariwisata Kabuten Manggarai Barat (Mabar)  yang tidak agresif, menimbulkan satu pemikiran bahwa potensi yang dimilik masih tersembunyi. Memang tidak sedikit kendala yang dihadpi untuk bisa mengembangkan sector pariwisata. Mulai dari dana yang minim, prioritas potensi daerah, hingga minimnya kesadaran  masyarakat tentang potensi yang luar biasa tersebut.

Dari segi dana, kebutuhan dana untuk mengeksplorasi potensi tersebut, tidaklah sedikit. Belum lagi prilaku oknum tertentu yang lebih mengutamakan keuntungan pribadi, tanpa memperhitungkan manfaat bagi banyak orang. Salah satu contoh pantai Pede yang berada di pusat kabupaten hingga saat ini masih menjadi asset propinsi. Hal ini menunjukkan ketidakseriusan pemerintah daerah terhadap pengembangan sektor pariwisata. Padahal pemerintah daerah memiliki wewenang untuk mengambil alih pengelolaan asset terseubt.

Sementara itu. dari sisi prioritas, sepertinya sektor pariwisata masih dinomorduakan.  Padahal sektor pariwisata secara otomatis bisa membangkitkan sektor lainnya terutama sektor pertanian dan perdagangan  yang menjadi sector penghasilan masyarakat Manggarai Barat. Sebagai contoh saja, dalam RPJMDes Desa Liang Ndara yang notabene menyimpan potensi besar pariwisata, tidak menempatkan pariwisata sebagai potensi utama di  desa tersebut. Jelas saja, rencana jangka panjang desa tersebut tidak menyentuh hal-hal pokok pada sektor pariwisata.

Di sisi lain, kesadaran masyarakat Manggarai akan potensi pariwisata masih minim. Oleh karena minimnya kesadaran, masyarakat menggantung sepenuhnya kepada pemerintah sebagai pengelola pariwisata. Bahkan ketika pemerintah melalui Kementerian Pariwisata menggelontorkan sejumlah dana melalui Program PNPM Mandiri Pariwisata, untuk membantu pendanaan guna mengelola pariwisata, masyarakat malah menghitung berapa keuntungan yang diperoleh.  Padahal dana tersebut sebagai pancingan untuk memotifasi masyarakat dalam mengembangkan potensi pariwisata.

Meski demikian, kesadaran masyarakat tidak sepenuhnya menjadi penghalang kemajuan sector pariwisata. Peran pemerintah daerah sangat diharapkan untuk lebih meningkatkan berbagai program sosialisasi hingga kesadara masyarakat mulai meningkat.

 Potensi Investasi

Sosialisasi pengembangan pariwisata bisa dimulai  dengan menyegarkan pemikiran dan kesadaran masyarakat bahwa potensi pariwisata yang dimiliki merupakan aset investasi bagi anak dan cucu di masa mendatang. Oleh karena itu masyarakat yang ada saat ini, yang dilibatkan dalam pengembangan pariwisata, harus betul-betul menanamkan kesadaran akan kesejahteraan anak dan cucu di masa mendatang. Hendaknya masyarakat tidak hanya mencari keuntungan sesaat.

 Bila kesadaran masyarakat meningkat maka peran pemerintah daerah tidak lagi mendominasi. Perlahan-lahan pemerintah memberikan hak pengelolaan sepenuhnya kepada masyarakat. Selain itu, bantuan kementerian terkait juga yang sifatnya temporer – dana bergulir, benar-banar dimanfaatkan masyarakat sebagai dana awal pengembangan masyarakat.

Peningkatan kesadaran masyarakat akan menjadi motivator untuk lebih mengetahui potensi pariwisata yang dimiliki di wilayahnya. Otomatis juga, masyarakat mampu mengembangkan seoptimal mungkin potensi yang ada. Promosi pun siap dilakukan untuk mendongkrak kunjungan para wisatawan.

 Kemajuan sektor pariwisata tentu akan membawa berkah bagi sector lainnya terutama pertanian dan perdagangan. Terdongkraknya sector pariwisata akan memicu permintaan sayur mayur yang nota bene selama ini disuplai dari luar Manggarai. Begitupun hasil pertanian lainnya. Demikian halnya sektor perdagangan seperti toko-toko ataupun kios-kios. Sudah jelas omsetnya akan meningkat. ***


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: